Home Top Ad

Keren! Aksi Presiden Jokowi Menaiki Motor Waktu Opening Asian Games

Share:

Tribun Indonesia88 - Sebuah video yang bercerita tentang Presiden Joko Widowo yang tengah terjebak macet dalam perjalanan ke Stasion Gelora Bung Karno diputar saat pembukaan Asian Games 2018. Dalam video tersebut, Jokowi diceritakan berpindah dari mobil dinasnya ke salah satu motor besar (moge) yang dipakai Paspampres.

Bak di film-film action, Jokowi diceritakan mengendarai langsung motor tersebut untuk menembus kemacetan di Ibukota. Video menyuguhkan sejumlah aksi "freestyle" yang dilakukan oleh "Jokowi" selama perjalanan ke GBK, salah satunya "stoppie" di gang sempit saat hampir bertabrakan dengan bajaj.

Tak cuma itu, dalam video tersebut diceritakan pula saat Jokowi menghentikan laju motornya untuk mempersilahkan anak-anak berseragam pramuka yang hendak menyeberang di zebra cross. Pada penghujung video, Jokowi terlihat akhirnya tiba di Stadion GBK dan disambut seisi stasion yang sudah bersiap menyambut dihelatnya upacara pembukaan event olahraga terbesar di Asia tersebut.

Motor yang dipakai diketahui adalah Yamaha FZ1.


Motor ini merupakan tunggangan yang dipakai unit pengawalan bermotor Paspampres. Motor ini sendiri masih didatangkan utuh (CBU) alias impor untuk pasar Indonesia. Harganya berdasar informasi dari Yamaha global adalah 10.290 dolar Amerika alias sekitar Rp 136 juta.

Informasi tersebut dikonfirmasi langsung oleh Public Relations Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro.

FZ1 merupakan moge Yamaha bergaya naked bike streetfighter yang menggendong mesin 4-silinder berkubikasi 998cc DOHC dengan sistem injeksi. Jantung pacu tersebut dapat menyemburkan tenaga hingga 150 tk dengan torsi 106 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Dibaca juga - Live Streaming SCTV Opening Ceremony / Pembukaan Asian Games 2018


FZ1 memiliki catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 km, atau rata-rata 14,9 kpl.


Menurut catatan, FZ1 sudah dipakai unit pengawalan bermotor Paspampres sejak 2010, atau sejak era Presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Yamaha FZ1 yang digunakan Paspampres, dari modelnya merupakan generasi kedua yang mulai diproduksi pada tahun 2006.

Tentunya dipilihnya FZ1 sebagai motor operasional tidak sembarangan. Dibekali mesin berkapasitas 998 cc DOHC dengan konfigurasi empat silinder segaris, Yamaha FZ1 bisa memuntahkan power sebesar 149,9 dk dengan torsi 106 Nm.

Sementara bagian kaki-kakinya kokoh dengan suspensi upside down serta cakram ganda dengan kaliper radial pada ban depannya. YIMM menyebut FZ1 yang dipakai Paspampres merupakan pesanan khusus.

Video Presiden Jokowi :

Tidak ada komentar