Home Top Ad

Warning! Untuk Mengkonsumsi Dalam 5 Buah Ini

Share:

Tribun Indonesia88 - Saat mengunjungi kerabat yang sedang sakit di rumah sakit, sering kali kita membawa buah tangan buah-buahan, karena mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Selain vitamin dan mineral, buah juga kaya akan serat sehingga bisa membuat kenyang lebih lama sepanjang hari.

Dokter juga sering kali menyuruh untuk makan banyak buah saat kita sakit. Berbagai manfaat bisa didapatkan, mulai melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker

Namun jangan salah, ada juga bahaya dari buah jika dikonsumsi bersama obat, seperti dilansir dari laman Flickr, ternyata ada beberapa buah yang justru sebaiknya dihindari.

1. Apel

Saat sedang sakit, kerabat yang menjenguk umumnya akan membawakan buah berwarna merah ini. Sebenarnya, apel boleh saja dimakan saat kita sedang sakit.


Namun, sebaiknya makanlah apel empat jam setelah waktunya minum obat. Apalagi bagi yang sedang menderita demam, alergi dan asma lalu sedang minum obat karena apel dapat menghambat tubuh menyerap khasiat obat.

2. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Sama seperti apel, jeruk juga biasa dibawa seseorang saat sedang menjenguk pasien di rumah sakit.

Namun, perlu diketahui bahwa langsung makan jeruk setelah meminum obat bisa berbahaya.


Jeruk yang bercampur dengan obat bisa membuat kerja otot terganggu, selain itu akan merasa sangat mengantuk bahkan bisa menyebabkan halusinasi.

Selain itu, jeruk bali juga sebaiknya dihindari karena mengandung senyawa yang dapat memblokir gangguan di usus dari sejumlah obat seperti obat penurun kolesterol (statin), antidepresan, obat migrain, pengencer darah, obat tekanan darah dan obat diabetes.

3. Nanas

Sama seperti jeruk, nanas juga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. Namun, buah ini biasanya dihindari oleh ibu yang sedang hamil karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat memicu keguguran.

Selain itu, menurut Rana Conway dalam bukunya, What to Eat When You're Pregnant, dalam buah bercita rasa asam ini terkandung enzim bromelain yang memecah protein sehingga akan mendorong terjadinya perdarahan saat hamil.

Tak hanya itu, makan nanas bersamaan dengan obat juga sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan tekanan darah. Nanas juga bisa menghambat penyerapan obat di tubuh kita, apalagi jika Moms sedang minum obat antibiotik.

Dibaca juga - Siap Libur Natal-Tahun Baru! Kapal Besar Untuk Penyeberangan Ke Samosir Akan Selesai


4. Anggur

Anggur memang mengandung vitamin dan nutrisi lain yang diperlukan tubuh. Namun, anggur juga bisa menghancurkan kandungan yang ada di dalam obat sehingga efektivitas obat untuk diserap tubuh menjadi terganggu.

5. Durian

Walaupun memiliki aroma yang menyengat, buah yang mudah diperoleh di Kota Medan ini menjadi favorit banyak orang. Durian mengandung banyak vitamin seperti vitamin C dan kaya kalsium, serta zinc yang berdampak bagus untuk kesehatan mata dan jaringan kulit.

Kandungan asam folat yang ada dalam buah berduri ini akan meningkatkan produksi sel darah merah yang kaya oksigen.


Namun, sebaiknya buah ini dihindari saat sedang sakit karena kandungan zat-zat seperti methanol, ethanol, sulfur, dan bahkan alkohol dalam durian berbahaya. Apalagi, bagi orang yang sedang menderita sakit maag dan diabetes sebaiknya menjauhi buah ini untuk sementara.

Selain buah-buahan, sebaiknya menghindari minum susu langsung setelah minum obat karena dapat mengganggu penyerapan beberapa obat antibiotik dan suplemen zat besi.

Tidak ada komentar